Manfaat Pesan dan Mengonsumsi Nasi Kebuli

Menjadi negara dengan banyak warga asing di Indonesia, membuat Negara kita tercinta mengenal lebih banyak budaya, bahasa serapan dan juga kuliner yang semakin beragam. Ada banyak warga asing yang datang ke Indonesia kemudian mengenalkan berbagai makanan baru layaknya orang Cina yang membawa nasi goreng. Pesan nasi kebuli saat datang ke restoran timur tengah mungkin sudah menjadi andalan kita mengingat nasi kebuli merupakan andalan khas makanan timur tengah.

Menu Nasi Kebuli Khas Timur Tengah

Nasi kebuli merupakan makanan khas timur tengah, khususnya Arab. Nasi ini di bawa oleh orang orang-orang Arab dan timur tengah yang datang ke Indonesia. Banyak dari mereka yang menggunakan nasi kebuli untuk membuka bisnis sekaligus mengenalkan makanan khas mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak masyarakat Indonesia yang menyukai rasanya yang sangat gurih. Rasa gurih tersebut dihasilkan dari berbagai macam rempah dan bumbu yang dicampurkan dan dimasak bersamaan dengan nasi.

Beras Untuk Nasi Kebuli

Nasi kebuli memang olahan nasi yang tentunya menggunakan bahan utama beras. Di restoran yang menyediakan menu ini biasanya mereka menggunakan beras biasa atau beras basmati. Pesan nasi kebuli yang paling enak adalah dengan menggunakan beras basmati yang memang didatangkan langsung dari Pakistan atau India. Beras basmati memiliki aroma yang sangat harum saat dimasak dan memiliki bulir yang lebih panjang dibandingkan dengan beras biasa. Lebih dari itu, beras basmati juga memiliki kandungan baik yang bermanfaat untuk proses diet seperti mineral, protein, karbohidrat dan vitamin.

Manfaat Mengonsumsi Nasi Kebuli Dari Beras Basmati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa beras basmati memiliki kandungan yang sangat bervariasi dan sangat sehat untuk tubuh. meskipun menggunakan daging kambing yang telah diolah sedemikian rupa, namun menu nasi kebuli tidak membuat kita gendut jika menggunakan beras basmati. Apa saja sekiranya manfaat yang kita dapat dari mengonsumsi nasi kebuli yang dibuat dari beras basmati?

  1. Terhindar dari kanker usus besar

Kanker adalah penyakit mengerikan yang hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menghilangkannya. Terlebih kanker sangat mudah menyebar di dalam tubuh dan sangat cepat pertumbuhannya. Meskipun nasi kebuli disajikan dengan daging kambing yang cenderung banyak lemak, namun dengan adanya beras basmati memiliki kadar serat yang lebih tinggi. Hal tersebut membuat kita terhindar dari resiko kanker usus besar karena kandungan serat yang tinggi di dalam beras basmati sangat bagus untuk kesehatan usus kita.

  1. Aman untuk penderita gula

Orang yang memiliki riwayat diabetes harus berhati-hati dengan makanan yang mereka konsumsi, bahkan nasi sekalipun. Bagi penderita diabetes, nasi sekalipun akan diolah menjadi gula saat dimakan. Namun beras basmati yang digunakan untuk membuat nasi kebuli memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari beras biasa sehingga aman dikonsumsi oleh penderita gula.

  1. Mengenyangkan

Kandungan serat yang lebih banyak di dalam beras basmati membuat nasi kebuli membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan beras basmati membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap di dalam lambung. Hal demikian membuat kita tidak makan dalam waktu yang lebih lama sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

  1. Aman untuk penderita kolesterol tinggi

Manfaat lain yang bisa kita rasakan dari mengonsumsi beras basmati yang ada di nasi kebuli adalah rendahnya kadar kolesterol didalamnya. Beras basmati juga terbebas dari gluten sehingga aman untuk penderita kolesterol yang ingin menikmatinya karena kadar kolesterol akan tetap terjaga.

Keistimewaan Nasi Kebuli

Nasi kebuli saat ini memang menjadi salah satu menu andalan yang menyajikan makanan khas timur tengah. Bahkan banyak pebisnis yang menjadikan nasi kebuli sebagai menu andalan mereka dalam berbisnis kuliner. Rasanya yang sangat pas untuk lidah orang Indonesia membuat menu yang satu ini banyak digemari. Selain makanannya yang mengenyangkan, nasi kebuli juga biasanya dihidangkan dengan porsi yang besar.

Rasa nasi kebuli yang khas berasal dari bahan dan rempah yang digunakan dalam memasak nasi kebuli. Saat nasi ditanak saja, beberapa bahan akan dicampurkan seperti susu kambing dan kaldu daging yang nantinya akan dimasak dengan minyak samin. Setelahnya, nasi akan dicampurkan dengan berbagai rempah seperti kayu manis, jinten, ketumbar, pala, cengkeh, bawang putih dan bawang merah. Dengan banyaknya rempah yang digunakan, bisa kita bayangkan betapa kayanya rasa yang ada didalamnya.

Tidak hanya sampai disitu, nasi kebuli juga nantinya akan disajikan dengan irisan daging kambing. Beberapa restoran akan menyajikannya secara langsung, dicampur sekaligus dengan nasi kebuli. Namun, saat kita pesan nasi kebuli di restoran tertentu, ada juga yang menyajikannya secara terpisah. Potongan daging yang telah di masak dan digoreng akan disajikan bersamaan dengan nasi kebuli.

Share