Olahan Makanan Daging Sapi Ala Rumahan

Negara Indonesia memiliki kekayaan cita rasa makanan yang menggugah selera dari dulu hingga kini. Tak sedikit dari berbagai cita rasa khas nusantara tersebut yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Daging sapi yang dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti zat besi, vitamin B12, omega-3, vitamin B6 dan kaya akan protein membuatnya menjadi salah satu bahan baku favorit yang sering digunakan dalam berbagai makanan dengan racikan khas nusantara. Disamping itu kadar lemak yang rendah dan kadar kolesterol yang cukup sesuai untuk tubuh membuatnya relatif aman bila dikonsumsi dengan porsi yang seimbang.

Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi daging sapi sebagai bahan olahan makanan, diantaranya :

  1. Mampu menjaga kesehatan kulit. Dalam setiap bagian daging sapi, mengandung beberapa zat yang dibutuhkan tubuh, seperti mineral dan zat anti karsinogenik yang mampu mencegah pertumbuhan kanker kulit, nutrisinya pun bermanfaat untuk membantu melakukan regenerasi pada kulit serta menghilangkan noda hitam yang muncul pada wajah, lebih lanjut diyakini mampu mencegah penuaan dini pada kulit.
  2. Mampu menambah berat badan, konsumsi daging sapi secara teratur dapat menambah berat badan bagi orang – orang yang tengah berupaya membentuk tubuh ideal, hal ini karena kandungan protein yang melimpah dalam daging sapi. Lebih lanjut, dengan mengonsumsi daging sapi membuat metabolisme menjadi meningkat.
  3. Menyembuhkan luka dengan cepat. Mineral yang terkandung dalam daging sapi berperan aktif pada proses penyembuhan luka secara cepat, hal ini karena perannya yang bertugas mendistribusikan oksigen melalui darah berlangsung dengan lancar sehingga luka yang terinfeksi dapat segera pulih dengan kelancaran penyaluran oksigen kepada jaringan yang rusak tadi.
  4. Mampu menjaga sistem kekebalan bagi tubuh. Protein yang terkandung dalam daging sapi diyakini dapat merekonstruksi sel – sel yang rusak dalam tubuh, sehingga pembentukan sel – sel baru dapat membuat sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi daging sapi membuat daging ini banyak dijumpai dalam beberapa resep makanan yang sering kita konsumsi dalam kesehariannya, beberapa resep daging sapi rumahan sederhana yang dapat dinikmati di rumah.

Makanan Berbahan Daging Sapi

Banyaknya kemudahan dalam mengolah daging sapi ini, membuat daging sapi dapat disajikan dalam berbagai olahan yang sederhana, seperti  :

  1. Rendang, tidak diragukan lagi jika rendang merupakan makanan paling favorit bagi masyarakat Indonesia, bahkan makanan ini pun sudah ditetapkan menjadi makanan paling enak di dunia versi media asing internasional. Resepnya yang cukup sederhana dengan menggunakan rempah – rempah sebagai bumbu utamanya dan daging sapi yang dimasak dengan waktu yang relatif lama membuat makanan ini mudah dibuat di rumah.
  2. Gulai Sapi, makanan khas minang yang banyak digemari ini cukup mudah dibuat di rumah. Bumbunya terdiri dari rempah – rempah yakni, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, dan kunyit yang dicampur dengan santan dan irisan daging sapi berbentuk kotak – kotak dijamin mampu membuat lidah Anda bergoyang.
  3. Semur, makanan ini tak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Makanan ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan dahulu, dimana orang – orang Belanda menyebutnya smoor yang artinya masakan daging yang direbus dengan bawang dan tomat dengan perlahan – lahan. Daging yang telah direbus tadi kemudian disajikan dengan kuah yang berbahan dasar kecap manis, bawang, pala dan cengkih. Adanya penggunaan kecap inilah yang membuat tekstur warna kuah semur menjadi kecokelatan.

Demikian beberapa olahan sajian sederhana berbahan dasar daging sapi yang dapat dipraktekan di rumah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share Button