Resep Membuat Perkedel Kentang

Kentang menjadi salah satu sayuran yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kentang merupakan salah satu sayur yang dipanen dari umbinya. Kentang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sehingga olahan sayur yang berasal dari kentang ini menjadi salah satu menu favorit yang banyak dijumpai. Kentang menjadi salah satu sayur yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu salah satunya adalah mampu menjadi sumber karbohidrat sehingga dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Selain itu, kentang juga banyak mengandung anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Salah satu menu yang paling sering dibuat dari kentang adalah perkedel kentang. Perkedel kentang ini menjadi salah satu olahan yang sering disajikan karena mudah dalam pembuatan dan juga banyak digemari. Tak hanya menjadi makanan yang disajikan di rumah, perkedel kentang ini menjadi salah satu menu wajib pada rumah makan salah satunya adalah rumah makan padang. Pembuatan perkedel kentang ini sangatlah mudah hanya menggunakan beberapa bahan yang mudah didapatkan di warung maupun pasar terdekat. Berikut akan diulas mengenai beberapa resep untuk membuat perkedel kentang yang enak untuk disajikan.

Bahan Yang Dibutuhkan

Dalam pembuatan perkedel kentang membutuhkan beberapa bahan diantaranya kentangĀ  sebanyak 1 kg, bawang merah sebanyak 5 butir, bawang putih 3 siung, seledri sebanyak 3-4 batang, 2-3 helai bawang daun, merica bubuk sebanyak 1 sdt, telur 2 butir pisahkan antara kuning telur dan putih telur terlebih dahulu, garam secukupnya dan minyak goreng. Bahan yang dibutuhkan juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau selera pembuat. Jika kalian menyukai bawang putih maka dapat menambahkan bawang putih lebih banyak dari resep di atas. Sehingga di dapat rasa olahan yang memang sesuai dengan selera pembuat.

Cara Pembuatan

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel kentang.
  • Kentang di cuci bersih lalu dikukus hingga atau direbus hingga matang, kupas kulit kentang dan haluskan.
  • Bahan seperti bawang putih dan bawang merah dihaluskan atau diiris tipis untuk bawang merah dan dicincang untuk bawang putih (sesuai selera), seledri dan daun bawang dipotong kurang lebih 1 cm.
  • Tumis bumbu bawang putih, bawang merah, garam dan merica hingga harum dan warna berubah kekuningan.
  • Kentang yang sudah ditumbuk dicampur dengan bumbu tumis, seledri dan bawang daun, kemudian adonan dipadatkan dan dibentuk seperti lingkaran.
  • Adonan perkedel yang sudah dibentuk lalu dibaluri dengan kuning telur, sebelum itu kuning telur sudah dikocok. Adonan dimasukkan ke dalam minyak panas dan digoreng hingga matang. Indikator kematangan dapat dilihat dari warna yang sudah berubah menjadi kecokelatan dan juga bau harum yang khas.
  • Setelah perkedel matang, angkat dan tiriskan menggunakan tisu makanan. Sajikan dalam keadaan hangat. Perkedel kentang siap untuk di santap.

Perkedel kentang biasanya tidak hanya disajikan di rumah saja, pada beberapa tempat makan juga menyajikan perkedel sebagai salah satu menu wajib. Harga satu buah perkedel biasanya mulai dari Rp 1.500. Perkedel memang menjadi santapan yang cocok untuk pendamping nasi maupun juga camilan. Perkedel kentang yang baik adalah yang tidak mudah hancur saat digoreng. Sehingga pada saat proses penggorengan diusahakan untuk tidak selalu membolak balik perkedel saat baru dimasukkan ke dalam minyak panas. Nah itulah tadi beberapa resep dalam membuat perkedel kentang yang enak semoga dapat bermanfaat.

Share