Tips Jualan Makanan Online

Tips Jualan Makanan Online – Banyak cara dilakukan orang-orang untuk dapat bertahan hidup sekaligus untuk memiliki tabungan masa depan yaitu dengan memiliki pemasukan atau penghasilan. Cara yang dilakukan dengan memiliki pekerjaan mulai menjadi karyawan atau pegawai baik itu terikat atau pekerja lepas dan juga berdagang baik itu menjual baik itu menjual jasa ataupun produk barang. Sebagian besar dari mereka memilih untuk menjalankan bisnis baik itu bisnis milik keluarga ataupun milik sendiri yang dirintis dari  awal. Cara berbisnis atau bisa disebut berdagang ini menjadi pilihan yang bagus karena dianggap menjadi cara mendapatkan pemasukan yang terus-menerus meskipun jumlah pemasukan yang tidak menentu. Bahkan banyak pegawai kantor yang memilih bisnis sebagai sampingan untuk mendukung finansial.

Tips Jualan Makanan Online

Bisnis online

banyak sekali jenis bisnis yang digeluti oleh masing-masing orang, dan salah satunya yang sedang menjadi tren adalah bisnis online. Salah satu jenis model bisnis dengan mengandalkan perkembangan teknologi berupa gawai dan juga internet. Banyak anggapan bisnis satu ini menjadi bisnis dengan tanpa modal atau bisnis dengan modal sedikit. Karena kamu tidak membutuhkan modal tambahan untuk membuka toko sebagai tempat berjualan. Cukup dengan akun media sosial, website, atau marketplace kamu sudah dapat memasarkan produk atau barang jualan kamu.

Kerennya lagi dari jenis bisnis ini adalah jika kamu belum atau tidak mendapatkan ide barang apa yang ingin kamu jual, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller. Yaitu dengan menjualkan barang-barang yang dijual oleh orang lain, selain less modal kamu juga dapat menentukan harga sendiri dari barang yang kamu resellerkan.

Banyak sekali jenis produk yang di jua untuk bisnis online seperti pakaian, peralatan dapur, perkakas rumah tangga, furniture, barang elektronik, kosmetik, kebutuhan harian, material, dan juga makanan. Kamu yang hobi membuat makanan dapat juga menjual secara online produk makanan yang kamu buat. Atau kamu pun juga bisa menjualkan produk milik orang lain. jadi selain mendapat untung, kamu juga membantu orang banyak dalam memudahkan membeli produk makanan tanpa harus jauh-jauh mencarinya, cukup scroll layar gawai makanan akan datang.

Namun, sebelum kamu benar-benar memantapkan langkah untuk berjualan makanan secara online, ada baiknya kamu membaca beberapa tips jualan makanan online. Selain biar tidak salah perencanaan, juga supaya daganganmu laris manis diserbu pembeli.

Menentukan jenis makanan 

Tips jualan makanan online pertama  yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis makanan atau kuliner secara  online adalah memilih jenis makanan yang akan kamu pasarkan atau jual. Ada baiknya kamu menjual jenis makanan kering.

Hal ini dimaksudkan agar makanan yang dijual tidak mudah basi. Karena bisnis online ini memungkinkan sekali kamu harus mengirim produk jualanmu atau makanan dikirim ke tempat pembeli, yang jangkauannya tidak bisa ditebak. Sehingga membutuhkan waktu pengiriman hingga berhari-hari. Tentu kamu tidak mau kan makanan yang kamu jual menjadi basi ketika sudah sampai pada tangan pembeli yang berdampak pada komplain dan jualanmu menjadi tidak laku.

Selain itu, hanya sedikit jasa pengiriman barang yang bersedia untuk mengirimkan makanan basah. Jadi kamu perlu memperhatikan lagi jenis makanan yang perlu kamu jual nantinya, agar bisnismu tidak beresiko rugi besar.

Menjelaskan deskripsi makanan  

Hal selanjutnya yang perlu siapkan adalah menuliskan deskripsi makanan yang kamu jual di akun media sosial, website, atau marketplace yang kamu gunakan untuk memasarkan produk makananmu. Adanya penjelasan atau deskripsi makanan ini bertujuan untuk agar konsumen paham makanan jenis seperti apa yang kamu jual.

Karena kamu berjual secara online, sudah pasti konsumen tidak bisa mencicipi kanan yang kamu jual. Deskripsi ini membantu konsumen berimajinasi seperti apa produk yang kamu tawaran.

Dalam deskripsi yang akan kamu buat, kamu bisa menjelaskan secara umum mengenai makanan yang kamu jual. Selain itu juga menuliskan keunggulan dari produk kamu. Ada baiknya juga kamu bisa menuliskan bahan yang kamu gunakan secara umum. Tidak perlu terlalu detail, karena terkadang resep menjadi sangat rahasia untuk beberapa penjual. Tujuan dari penyebutan bahan ini yaitu agar para konsumen jaga dapat mengetahui komposisi bahan yang terkandung didalamnya, jadi jika ada yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu, konsumen dapat mengantisipasinya.

Buat merk produk yang unik

Sebagian kecil pedagang makanan mungkin akan mengabaikan adanya merk pada makanan mereka, karena mementingkan rasa. Mereka beranggapan rasa yang enak akan lebih mudah diingat oleh para konsumen. Memang tidak ada salahnya, tapi pemberian merk ini juga penting, agar makananmu mudah ditandai oleh konsumen. Sebisa mungkin buat merk yang unik dan tidak banyak digunakan serta tidak terlalu panjang, agar konsumen tidak mudah lupa. Sesuatu yang unik akan lebih mudah diingat.

Ambil foto atau video produkmu

Dalam bisnis online terutama makanan, gambar sangatlah menjadi penentu apakah pembeli akan tertarik dengan produkmu atau tidak. Sebisa mungkin ambil foto asli dari makananmu, sebelum mengambil gambar lakukan plating atau display produk sebagus mungkin. Kamu juga bisa mengambil dari beberapa angle agar produk terlihat lebih real. Selain gambar kamu juga bisa mengambilnya dengan mode video agar lebih nyata lagi produk yang kamu jual.

Tips jualan makanan online satu ini, yaitu dengan adanya gambar dan juga video ini akan membantu konsumen untuk memperoleh gambaran seperti apa produk yang akan mereka nanti terima, dan juga gambaran rasa yang mereka icip akan seperti apa. Untuk mempercantik gambar kamu bisa menambahkan sedikit polesan editing agar lebih menarik. Untuk video kamu bisa mengambilnya dengan beberapa teknik pengambilan, baik itu dibuat dramatis atau cinematic.

Share Button